• header
  • Baner atas KP
  • baner atas b
  • baner atas TGB
  • baner atas c
  • Gbr atas
  • baner atas a
  • Upacara
  • Program Multimedia
  • Program Animasi

SELAMAT DATANG DI SMK NEGERI 4 KOTA TANGERANG SELATAN PROGRAM KEAHLIAN 1.TEKNIK GAMBAR BANGUNAN 2.ASISTEN KEPERAWATAN 3.ANIMASI 4.MULTIMEDIA

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMK NEGERI 4 KOTA TANGERANG SELATAN

NPSN : 69760703

Jl. Sumatera- Tidore, Jombang, Ciputat Kota Tangerang Selatan


smkn4tangsel@gmail.com

TLP : -


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 170727
Pengunjung : 57695
Hari ini : 27
Hits hari ini : 51
Member Online : 0
IP : 35.175.191.168
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

KONTEKSTUALISASI PENGAJARAN PAI DI SMK




 

        Diantara ranah penting penekanan pengajaran PAI adalah siswa mampu mengimplementasian hasil belajarnya dalam aspek kehidupan sehari-hari. Karena itu pengajaran PAI dinilai berhasil bila pribadi siswa menunjukan sikap sesuai dengan yang dimisikan agama, bukan yang diteorikan agama. Pada hemat penulis ranah inilah yang ternyata seembrio dengan cita-cita dibukannya sekolah kejuruan seperti SMK. Benar bahwa kualitas pendidikan kejuruan tidak bisa dilepaskan dari ukuran prestasi tertulis dalam bentuk nilai yang menjadi standar lembaga pendidikan dimana siswa berada. Tetapi keberhasilan peserta didik menampilkan kemampuan unjuk kerja sesuai dengan standar kompetensi nasional atau bahkan internasional setelah berada di lapangan kerja yang sebenarnya juga menentukan keberhasilan penddikan dimana siswa bersangkutan menimba pendidikannya. Demikian PAI, tidak cukup diukur dengan prestasi hebat di sekolah tetapi lumpuh dan tak terimplemetasikan hasil pembelajarannya di masyarakat.

 

        Pendidikan agama Islam mencakup seluruh aspek yang dibutuhkan hamba Allah, baik secara pribadi maupun sosial, baik duniawi maupun ukhrawi. Aspek sosial inilah yang acap kali luput dari orientasi pendidikan agama. Hasilnya, meminjam istilah dunia kerja, tidak Link and Match antara teori PAI dengan realitas sosial dalam konteks dunia kerja. Sekedar bahan renungan sejauh mana urgensi siswa SMK keperawatan belajar thema Khotbah, Tabligh dan Dakwah atau tentang Infaq, Wakaf. Belum lagi problem masih terdapat system pengajaran agama yang menekankan hafalan dan doktrinasi dimana guru berada sebagaimana Khotib yang sedang menyampaikan khutbahnya, siswa adalah obyek yang bersifat pasif. Rumusan pembelajaran sangat bersifat deduktif yang pada gilirannya agama akan tercerabut dari fungsi sosial bahkan tidak lagi membumi. Fakta ini menjadi tidak relevan bila harus disandingkan dengan tujuan pendidikan SMK yang erat kaitannya dengan dunia nyata, dunia dimana para siswa akan menyelam di dunia tenaga kerja.

 

        Atas dasar ini perlu kiranya disodorkan pola pengajaran PAI di SMK yang lebih menekankan pada konteks dan bersifat akomodatif. Sehingga hasil pendidikan agama tidak berada di posisi langit sementara dunia kerja berada di bumi. Untuk itu maka merubah paradigma pola pengajaran agama yang banyak menekankan doktrin, teori dan hafalan menjadi hal yang wajar dilakukan untuk kemudian diubah menjadi system pengajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Sistem yang akan merubah siswa tidak harus menghafal fakta-fakta, tetapi sebuah strategi yang mendorong siswa mengkonstruksi pengetahuan yang ada di benak mereka sendiri yakni apa yang mereka perlukan sesuai dengan jurusannya. Ini akan menghasilkan pemahaman bahwa pendidikan agama tidak hanya berputar-putar di arena kognitif saja melainkan arena afektif dan psikomotorik yang bahannya terhampar luas dalam dunia realitas, tentu untuk SMK adalah realitas dunia dimana siswa akan berkarya. Metode CTL akan mendorong siswa menghubungkan aspek-aspek dunia kehidupan yang dialaminya, seperti hal yang terkait dengan pelestarian lingkungan, humanism, berbangsa, etika dan sebagainya.

 

        Dengan demikian CTL dalam PAI bertujuan Pertama, menjadikan siswa mengalami dunianya sendiri kemudian ia kaitkan dengan PAI. Jika asas pendidikan dilakukan dengan transmisi melalui komunikasi, maka komunikasi adalah proses dari penyatuan empiris dan proses modifikasi watak hingga menjadi suatu keadaan pribadi. Kedua secara sosial metode CTL untuk PAI akan menciptakan siswa SMK mampu menyerap masalah keagamaan yang ada disekitarnya (sesuai jurusan), lalu dijadikan bekal di dunia kerja meraka. Ketiga CTL akan mampu membangun perasaan sosial atas kekuatan sendiri dari materi yang di dapat di sekolah .

Semoga……

(Drs. Muh Faruki, MA)




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :

Pengirim : kamagra mg tablets side effects -  [Jewaycle@kamagradxt.com]  Tanggal : 29/03/2018
kamagra 100mg chewables ajanta
<a href="http://kamagradxt.com/">kamagra kopen rotterdam winkel</a>
kamagra 100mg oral jelly sildenafil ajanta
<a href="http://kamagradxt.com/">kamagra 100 mg oral jelly</a>
kamagra oral jelly india online
http://kamagradxt.com/
come si usa kamagra oral jelly

Pengirim : FooksHort -  [KiplylibHal@gmail.com]  Tanggal : 26/09/2017
http://fjdhgksf76w444.com hi everyone

Pengirim : npuezaPoism -  [wdzdejjjhk@emmails.info]  Tanggal : 11/09/2017
ace payday loan <a href="http://paydayloans2017.com"> legitimate payday loans online no credit check</a> &lt;a href=&quot;http://paydayloans2017.com&quot;&gt; payday loans direct lenders only&lt;/a&gt; <a href=http://paydayloans2017.com>payday loans no credit check</a> payday loan near me

Pengirim : npyxhgPoism -  [zxknvqgcov@emmails.info]  Tanggal : 01/09/2017
payday loans denver <a href="http://cashadvances2017.com"> payday loans no credit check</a> &lt;a href=&quot;http://cashadvances2017.com&quot;&gt; payday loans online&lt;/a&gt; <a href=http://cashadvances2017.com>payday loans</a> payday installment loans


   Kembali ke Atas